Ini Sanksi Bagi Rumah Sakit yang Menolak Pasien

Sumber Gambar : nasioanal.kompas.com


Setelah meninggalnya Bayi Debora di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kalideres viral, akibat mendapat penolakan oleh pihak rumah sakit, Pemerintah melalui kementerian terkait mengingatkan agar hal demikian tidak terjadi lagi.

Bayi mungil ini meninggal dunia karena tidak segera mendapat pertolongan. Pihak rumah sakit justru meminta pelunasan fasilitas terlebih dahulu kepada orang tua Debora sebelum menangangi pasien. Padahal, dalam keadaan darurat, pihak rumah sakit harus dengan segera melakukan perawatan.

Berikut adalah sanksi jika masih ada pihak rumah sakit yang menolak pasien atau meminta uang saat keadaan darurat.

Dalam keadaan darurat, fasilitas pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun swasta dilarang menolak pasien dan/atau meminta uang muka. (UU Kesehatan 36/2009, Pasal 32 ayat 2).

Pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan dan/atau tenaga kesehatan yang melanggar Pasal 32 ayat 2 itu dipenjara maksimal 2 tahun dan denda maksimal Rp 200 juta (Pasal 190 ayat 1).

Jika menyebabkan kematian, dipenjara maksimal 10 tahun denda paling banyak Rp 1 miliar (pasal 190 ayat 2).
                     
Jika ada rumah sakit yang menerapkan kebijakan deposit / uang muka untuk pasien gawat darurat dapat melaporkan ke hotline Kementrian Kesehatan 1500567.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang anda tulis, bukan merupakan tanggung jawab kami.

Arsip Blog