Menteri Susi Inspirator Perempuan Indonesia

Sumber Gambar : infospesial.net

Baru-baru ini Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali mendapatkan penghargaan di tingkat global sebagai salah satu dari 100 wanita inspirasional BBC, perusahaan penyiaran publik Inggris Raya. Ini bukan kali pertama penghargaan yang ia raih setelah sebelumnya Susi mendapat penghargaan kategori kepemimpinan karena aktifitasnya dalam Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia. Selain itu, menteri perempuan ini juga telah menerima penghargaan bidang maritim global, yaitu Peter Benchley Ocean Awards, yang digelar di lembaga Smithsonian, Washington DC, Amerika Serikat, tanggal 11 Mei 2017 lalu.

Sejumlah penghargaan yang diraih Menteri Susi bukan tanpa alasan melainkan hasil dari sepak terjangnya selama berkiprah dan menjabat salah satu kementerian di Indoensia. Di era pemerintahan Jokowi-JK Ibu Susi dipercayakan untuk menduduki kursi Menteri kelautan dan Perikanan yang resmi dilantik pada Oktober 2014. Kebijakannya pun mulai bermunculan lengkap dengan tanggapan pro kontra dari masyarakat.

Salah satu kebijakan tersebut antara lain merampas kapal-kapal penangkap ikan asing ilegal dan meledakkanya untuk "mengirim pesan" kepada negara-negara tetangga. Setidaknya hingga saat ini sudah lebih 300 kapal penangkap ikan asing ilegal ia tenggelamkan (sumber : seword.com). Sebagian besar kapal tersebut berasal dari Vietnam, Filipina, Malaysia dan Thailand. Selain itu Menteri Susi juga terus mengupayakan peningkatan stok ikan dan mengurangi penyelundupan di perairan Indonesia. Dan kini Ia juga dianggap telah berperan penting dalam menjaga kesehatan laut dan praktik pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang bertanggung jawab melalui pelarangan penggunaan pukat dan alat tangkap tidak ramah lingkungan lainnya.

Perempuan kelahiran 15 Januari 1965 ini memang terkenal dengan gaya nyentriknya sehingga beberapa kali ia menjadi sorotan media. Mulai dari tato disalah satu bagian tubuhnya, unggahan foto duduk diatas kapal karet di laut lepas dengan sebatang rokok ditangan lengkap dengan segelas kopinya, bonceng motor patroli ke istana, sampai pada aksi mencubit MenKeu Sri Mulyani pun pernah ia lakukan. 

Inilah sosok inspiratif perempuan Indonesia. Latar belakang seorang remaja yang putus sekolah dari SMA dan beralih menjadi pengusaha seafood kini ikut memimpin pemerintahan Indonesia. Ia merupakan salah satu perempuan diantara 7 perempuan terpilih yang mendapat kepercayaan Jokowi kala itu dari 34 total kursi kementerian yang ada. Menjadi sosok yang pemimpin yang tegas tetapi tetap menjadi dirinya sendiri. Kerap melakukan aksi nyeleneh tapi yang terpenting tetap menuai prestasi. 



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang anda tulis, bukan merupakan tanggung jawab kami.

Arsip Blog