Sarjana 'Bingung'

Sumber Gambar : 60eureka.gopalagra.org
Enaknya menjadi mahasiswa. Nongkrong di kampus dan kafe-kafe mewah dengan dandanan khas nya. Menganggap diri paling berwawasan dibanding mereka yang tidak bisa menikmati bangku perkuliahan. Memandang rendah setiap masyarakat yang kolot terhadap kemajuan jaman. Beranggapan hebat dengan gelar sarjana yang ada dibelakang nama. Tetapi apakah gelar itu bisa menjamin di kehidupan pasca studinya ?

Ini adalah tahun terakhirku menyandang gelar mahasiswa. Alih-alih tinggal menikmati hasilnya, tetapi di akhir-akhir seperti ini justru lebih menakutkan. Siap tidak siap harus menghadapi kehidupan yang sebenarnya, bagaimana bersusah payah mencari kerja dengan persaingan yang semakin gak karuan. Bagaimana harus bertahan hidup dengan dunia yang dipenuhi hegemoni-hegemoni golongan kaya yang tidak segan menendang rakyat kecil kapan saja. Dan terpenting bagaimana mempertanggungjawabkan gelar sarjana kepada orang tua dan masyarakat sekitar. 

Belum lagi dengan kalian yang dengan sok menilai anggapan itu bodoh. Ya, mahasiswa kok begitu, bergelar sarjana tapi pada akhirnya menjadi pelamar kerja bukan menciptakan lapangan kerja. Luntang-lantung menaruh amplop cokelat disetiap pintu-pintu perusahaan besar. Ah memalukan memang. Tapi memang itulah kehidupan pasca mahasiswa. Mungkin akan berbeda ketika calon sarjana itu memang berasal dari kalangan berada dan mapan. Entah bisa berwirausaha, entah bisa masuk dengan ‘orang dalam’ atau bahkan bisa membeli jabatan.

Hidup di lingkungan pedesaan dengan masyarakat yang masih sedikit polos juga menjadi tanggung jawab tersendiri. Masyarakat yang kental dengan anggapan bahwa mahasiswa sudah dipastikan akan menjadi orang sukses setelah mendapat gelar sarjananya. Tinggal menikmati hidup dengan ekonomi yang berkecukupan. Tetapi apakah sebuah gelar bisa menajamin itu ? Apa gunanya gelar sebenarnya ? kalau kehidupan pasca menjadi mahasiswa tetap saja tidak kunjung jelas. Tidak sedikit pengangguran yang bergelar sarjana. Lantas, bagaimana dengan support yang tiada henti dari orang tua sederhana yang bersusah payah menyekolahkan hingga menjadi sarjana ? lengkap dengan harapan-harapan kehidupan pasca mendapat gelar sarjananya.

Ada yang mengatakan indikator membanggakan bukan hanya dari segi ekonomi. Tapi tetap saja, kalau ditanya untuk apa harus sekolah, toh jawabannya untuk kehidupan yang lebih layak kedepannya. Lalu bagaimana dengan kehidupan pasca mendapat gelar sarjana mu ? 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang anda tulis, bukan merupakan tanggung jawab kami.

Arsip Blog