Selamat Datang Musim Hujan

Sumber Gambar : kesehatan-tips.blogspot.com

Seminggu ini hujan terus mengguyur kota Malang. Bahkan setiap sore dapat dipastikan hujan akan turun. Bukan hanya di Kota Malang, di kota-kota lain juga demikian, seperti Jakarta misalnya. Sampai-sampai salah satu kementerian RI menyarankan untuk sedia payung sebelum hujan melalui tweet di akun sosmednya. Hal ini menandakan bahwa Indonesia mulai memasuki musim penghujan, meskipun sedikit lebih cepat dibandingkan perkiraan dari BMKG yakni Bulan Oktober atau November dengan puncak musim hujan Bulan Desember 2017.

Hujan memang sudah ditunggu-tunggu. Beberapa tempat di Jawa hingga NTT telah mengalami Hari tanpa Hujan berturut-turut selama lebih dari 60 hari. Bahkan di beberapa tempat di Jawa Timur, NTB, NTT mengalami Hari Tanpa Hujan lebih dari 100 hari, seperti yang disampaikan Deputi Bidang Klimatologi BMKG Pusat. Akibat hal ini tidak heran jika bencana kekeringan marak diberitakan di media-media cetak maupun televisi Indonesia seperti di Jatim, Jawa Tengah hingga NTT yang mengalami kesusahan air hingga gagal panen.

Selain menjawab masalah kekeringan, masalah-masalah yang timbul akibat musim hujan juga perlu kita waspadai. Seperti yang disampaikan Deputi Bidang Meteorologi, Dr. Yunus Subagyo Swarinoto, M.Si. perlunya mewaspadai daerah-daerah yang rentan bencana, terutama saat massa transisi, seperti angin kencang, puting beliung, dan gelombang tinggi. Sedangakan pada puncak musim hujan, masyarakat perlu mewaspadai banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, gelombang tinggi serta pohon tumbang. Dan perlu diketahui untuk wilayah Pulau Jawa, massa transisi akan terjadi pada bulan September.

Dari kedua masalah diatas kita dapat melihat, bahwa tidak turunnya hujan dan turunnya hujan yang berkepanjangan sama-sama akan menimbulkan masalah. Hal terpenting yang perlu kita lakukan yakni terus menjaga alam agar tetap pada posisi seimbang seperti yang diyakini Founding Father kita. Kalau saat ini pembangunan massif dimana-mana maka harus diimbangi pelestarian alamnya juga, dan terkhusus masyarakat peningkatan kesadaran menjaga lingkungan dan kebersihan juga harus diimplemantasikan untuk menjaga bumi kita dan menghindari bencana-bencana yang tidak kita inginakan. Dan terakhir karena sudah mulai masuk penghujan, maka jangan lupa sedia payung sebelum hujan yah.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang anda tulis, bukan merupakan tanggung jawab kami.

Arsip Blog