Dasar-dasar Ekonomi; Ekonomi Makro Vs Ekonomi Mikro

Dasar-dasar Ekonomi; Ekonomi Makro Vs Ekonomi Mikro - Berbicara tentang ekonomi makro maupun mikro pada dasarnya hanya berbeda pada ruang lingkup pembahasanya. Ekonomi makro mempelajari perekonomian secara menyeluruh yang mencakup perekonomian suatu negara. Sedangkan ekonomi mikro hanya membahas ruang lingkup kecilnya saja. Berawal dari ruang lingkup pembahasan yang berbeda itulah maka poin-poin yang dibahaspun menjadi berbeda pula.

Dasar-dasar Ekonomi; Ekonomi Makro Vs Ekonomi Mikro
Sumber Gambar : rmoljabar.com
Ekonomi Makro
Dalam pembahasan ekonomi makro hal tersebut bertujuan untuk mengetahui dan memahami peristiwa yang berhubungan dengan perekonomian suatu negara yang selanjutnya bisa menemukan solusi atas permasalahan ekonomi yang ada melalui kebijakan yang dikeluarkan. Bagian dari kajian pembahasan makro antara lain mencakup inflasi, pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, kerjasama antar negara di dunia, tingkat pendapatan nasional, jumlah uang yang beredar, neraca pembayaran, ekspor impor hingga perjalanan siklus ekonomi.

Tiga kebijakan Ekonomi Makro
Sedangkan dalam hal kebijakannya ekonomi makro memiliki 3 kebijakan yang digunakan sebagai landasan untuk mengatasi dan menganalisis permasalahan-permasalahan ekonomi itu sendiri. Kebijakan tersebut antara lain:
 
Baca Juga :  Dasar-dasar Ekonomi Makro; Kebijakan Fiskal dan Kebijakan Moneter
  • kebijakan fiskal.
  • kebijakan moneter
  • kebijakan segi penawaran.
Secara garis besar ekonomi makro membahas perilaku negara, masyarakat atau kelompok masyarakat.

Berbeda dengan ekonomi makro, ekonomi mikro dilakukan dengan tujuan untuk menganilisis pasar beserta mekanisnya yang membentuk harga relative kepada produk dan jasa serta kegagalan pasar.

Ekonomi Mikro
Sedangkan bidang kajian yang dibahas dalam ekonomi mikro yakni meliputi: analisis biaya dan manfaat, teori permintaan dan penawaran, elastisitas, model-model pasar, industry, teori produksi dan teori harga.

Pada dasarnya, tujuan dari teori ekonomi baik makro maupun mikro bermanfaat untuk mengenal masalah-masalah ekonomi pada ruang lingkupnya masing-masing yang kemudian bisa dicari penyelesaian atas masalah tersebut. Hal penting lain dalam hal ekonomi yang perlu diperhatikan yaitu sistem ekonomi yang di anut oleh suatu negara atau bahkan tingkat dunia. Yakni, bagaimana memilah sistem yang pas dan bisa memajukan peradaban, entah teori Adam Smith dengan sistem kapitalisnya, sosialis oleh Karl Marx, atau sistem Keynes.

Demikian pembahasan Dasar-dasar Ekonomi; Ekonomi Makro Vs Ekonomi Mikro sempga bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang anda tulis, bukan merupakan tanggung jawab kami.

Arsip Blog