Musik Rock, Musiknya Kaum Tertindas

Musik Rock, Musiknya Kaum Tertindas - Musik Rock adalah salah satu genre dalam khasanah musik populer dunia. Ciri khas dari aliran musik ini biasanya terletak pada beat kuat yang dihasilkan baik dari vokal maupun alat musik seperti Drum, Gitar dan Bass. Sedangkan rhythm dan Blues (R&B) adalah akar dari jenis musik ini.

Dari beberapa referensi menyebutkan bahwa genre musik rock mencapai puncak kepopulerannya pada akhir tahun 1950'an. Musik ini sendiri diciptakan oleh orang-orang Afrika yang berimigrasi ke Amerika. Maka wajar jika musik rock dikenal juga sebagai musik kulit hitam (Balck music).

Perkembangan musik rock ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan para budak yang dalam kesehariannya selalu mengalami penindasan dan tentunya mendapatkan perlakuan yang diskriminatif. Maklum saja, pada masa perbudakan dulu, kulit hitam ataupun sawo matang di anggap sebagai manusia "kedua" setelah kulit putih. Indonesia pun pernah merasakan masa-masa ini saat zaman kolonial dulu.
Sumber Gambar : www.linkedin.com

Para budak ini kemudian menciptakan musik dan lagu yang bertujuan untuk menghibur diri sekaligus sebagai ungkapan protes mereka terhadap situasi. Nada-nada mereka ciptakan disela-sela waktu istirahat tanpa menggunakan alat musik.

Konon, akibat tidak adanya keterlibatan alat musik inilah yang kemudian tercipta nada-nada notasi yang saat ini kita kenal dengan blues. Sedangkan melihat dari asal katanya, blues berasal dari kata blue yang identik dengan kesedihan.

Seiring berkurangnya sistem perbudakan di Amerika Serikat, para orang berkulit hitam ini semakin mengembangkan musik blues dengan menggunakan alat musik warisan majikannya hingga lahirlah aliran soul, R&B sampai Rock and Roll.

Pada perjalanannya, musik rock yang awalnya hanya dimainkan dan didengar oleh orang berkulit hitam, justru disenangi dan identik dengan orang kulit putih. Motown sebagai label rekaman khusus untuk genre ini pun populer pada tahun 1960'an.

Pada dekade inilah genre musik rock ini lahir dengan berbagai gaya baru. Mulai dari Rock'n'Roll seperti the Beatles dan Rolling Stones atau hardrock seperti Led Zeppelin. Selanjutnya aliran rock pun lahir dengan berbagai cabang seperti art rock, acid rock hingga progresiv rock yang dominan dimainkan oleh orang berkulit putih.

Namun dari semua genre itu memiliki satu ciri saat kelahirannya yakni perlawanan terhadap kemapanan. Bahkan, perlawanan itu tidak berhenti  hanya sebatas pada saat dimana situasi musik itu tumbuh sebelumnya, melainkan meluas pada kekuasaan negara.

Dari perjalanan dan perkembangannya ini lah Musik Rock disebut Musiknya Kaum Tertindas. karena genre musik ini selalu menghiasi perjuangan-perjuangan kaum-kaum tertindas dalam perjuangan untuk tetap melanjutkan hidup.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang anda tulis, bukan merupakan tanggung jawab kami.

Arsip Blog