Faktor Penggerak Kegiatan Ekonomi


Faktor Penggerak Kegiatan Ekonomi - Di dalam aktifitas perekonomian tentu saja terdapat faktor penggerak ataupun stimulus terlaksananya aktifitas perekonomian itu sendiri. Terdapat tiga faktor pokok yang antara lain adalah kebutuhan, kelangkaan dan anternatif. Adanya faktor penggerak ini maka akan menjadikan perekonomian terus berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada. Adapun penjelasan dari masing-masing adalah sebagai berikut.

Tiga Faktor Penggerak Kegiatan Ekonomi

1. kebutuhan.

Kebutuhan diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan keinginan manusia, baik kebutuhan itu jasmani maupun rohani yang mana tingkat kebutuhan ini berbeda-beda setiap orangnya. Berikut adalah macam-macam kebutuhan berdasarkan tingkatan atau intensitasnya.

Faktor penggerak Kegiatan Ekonomi

Kebutuhan primer, yaitu kebutuhan pokok yang sangat mutlak harus dipenuhi untuk menjamin kelangsungan hidup seseorang. Contohnya adalah sandang, pangan, papan dan kesehatan.

Kebutuhan sekunder, yaitu kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok sudah terpenuhi. Contohnya adalah sepeda, almari, tempat tidur dan lain sebagainya.

Kebutuhan tersier atau disebut kebutuhan kemewahan, yaitu kebutuhan setelah terpenuhinya kebituhan primer dan kebutuhan sekunder. Sedangkan contohnya adalah perhiasan.

2. Kelangkaan

kelangkaan, yaitu suatu kondisi dimana jumlah alat pemuas kebutuhan terbatas sementara permintaan atas alat pemuas kebutuhan tersebut sangat tinggi. Kelangkaan ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain sebagai berikut:Keterbatasan sumber daya alam, yang mana pemanfaatan alam secara terus menerus akan menyebabkan semakin menipisnya sumber daya alam yang ada apalagi jika tidak dibarengi dengan pelestarian lingkungan yang baik.

Bencana alam, kerusakan alam yang disebabkan bencana alam dapat menghambat pemenuhan alat pemuas kebutuhan manusia.

Pertumbuhan penduduk, semakin tinggi jumlah pertumbuhan penduduk maka akn semakin tinggi pula kebutuhan manusia yang pada akhirnya menyebakan semakin tinggi pula konsumsi yang dilakukan.

Terlambatnya penerimaan teknologi. Teknologi akan membantu manusia menemukan alternative di dalam proses pemenuhan kebutuhan manusia. Apabila penerimaan teknologi ini lambat maka akan menyebabkan terjadinya pemborosan sumber daya alam.

Ketidaksabaran manusia, dan terakhir
Terbatasnya kemampuan produksi.

3. Alternative

alternative yaitu faktor lain selain faktor kebutuhan dan kelangkaan yang menjadi faktor pendukung dalam menggerakkan kegiatan ekonomi yang ada dan sewaktu-waktu dapat menggantikan dua faktor ekonomi diatas.

Pada dasarnya faktor penggerak kegiatan ekonomi ini merupakan pondasi yang sangat berpengaruh terhadap berjalannya kegiatan ekonomi. Selain itu dengan faktor ini pula kegiatan ekonomi juga dapat mengalami perkembangan untuk kemudian menjadi perekonomian yang lebih maju dan sesua dengan tuntutan jaman serta kebutuhan manusia itu sendiri. Dan tentunya tetap mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan maupun dampak jangka panjang dimasa yang akan datang.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang anda tulis, bukan merupakan tanggung jawab kami.

Arsip Blog