Filsafat Hukum dan Fungsinya


Filsafat Hukum dan Fungsinya - Filsafat Hukum berasal dari dua kata yakni Filsafat dan Hukum. Kata Filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu Philosophia. Philo berarti cinta, Sophia berarti kebijaksanaan.

Maka Filsafat artinya cinta terhadap kebijaksanaan. Filsafat juga dapat dipahami sebagai sebuah ilmu yang mempelajari suatu hal secara rinci, objektif sampai ke akar-akarnya.

Sedangkan hukum adalah suatu aturan yang dibentuk untuk membatasi tingkah laku manusia agar dapat hidup dengan tertib guna mencapai tujuan hidup secara bersama.

Maka, Filsafat Hukum dapat diartikan sebagai suatu ilmu hukum yang mempelajari secara rinci terkait segala bidang hukum sampai ke akar-akarnya. Ia juga memberikan jawaban-jawaban yang mendasar terkait hukum. Misalnya penyelarasan nilai-nilai antara ketertiban dengan ketentraman.
Filsafat Hukum dan Fungsinya
Sumber Gambar : fridaadwitya.wordpress.com

E. Utrecht menjelaskan bahwa filsafat hukum tidak melihat hukum sebagai sebuah gejala saja, yaitu menerima hukum sebagai gegebenheit belaka melainkan hendak melihat hukum sebagai kaidah dalam arti kata ethisch waardeoordeel.

Karena hukum yang berada ditengah-tengah masyarakat tidak terlepas dari perenungan dan perumusan nilai-nilai yang bersifat mendasar dari hukum itu sendiri. Upaya ini dilakukan dengan memberikan jawaban terhadap berbagai pertanyaan seperti apakah hukum itu sebenarnya, apakah sebabnya kita harus menaati hukum, apakah keadilan menjadi ukuran untuk baik atau buruknya hukum tersebut.

Fungsi Filsafat Hukum

Fungsi daripada ilmu filsafat hukum adalah agar subtansi dari hukum itu benar-benar dapat dipahami, ditaati dan dipatuhi oleh masyarakat sebagai subjek hukum. yang tidak kalah pentingnya, filsafat hukum juga harus dapat menggiring kearah daripada tujuna hukum itu sendiri. sehinggal filsafat hukum harus mampu memberikan kepastian, keyakinan hingga akhirnya membawa manusia pada ketertiban dan kenyamanan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang anda tulis, bukan merupakan tanggung jawab kami.

Arsip Blog