Kegiatan Ekonomi - Produksi, Distribusi dan Konsumsi




Kegiatan Ekonomi – Kegiatan ekonomi diartikan sebagai bentuk kegiatan yang dilakukan manusia guna memenuhi kebutuhan hidupnya, yang secara umum dibagi menjadi tiga kegiatan yakni produksi, distribusi dan konsumsi. Adapun masing-masing penjelasan dari ketigak aktifitas iini adalah sebagai berikut.

Kegiatan Ekonomi - Produksi, Distribusi dan Konsumsi


Kegiatan produksi, produksi yakni kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk menghasilkan barang maupun jasa. Selain itu kegiatan produksi ini juga dilakukan untuk tujuan menambah nilai guna suatu barang ataupun jasa. Contoh kegiatan produksi antara lain pabrik mebel yang telah mengubah bahan baku kayu menjadi meja atau kursi atau barang mebel lainnya. Barang dan jasa yang dhasilkan pada proses produksi ini selanjutnya akan disalurkan atau didistribusikan agar dapat dijangkau konsumen yang membutuhkan. Sebutan pelaku dalam aktifitas produksi ini adalah produsen. Secara sederhana alur kegiatan produksi adalah sebagai berikut:

Baca juga: Pelaku Kegiatan Ekonomi 



InputInput di dalam kegiatan produksi dibedakan menjadi 2 macam, yakni barang mentah dan barang setengah jadi. Barang mentah diartikan sebagai barang yang sma sekali belum mengalami proses pengolahan, contohnya adalah kayu, tembakau, padi, tembakau dan lain sebagainya. Sedangkan barang setengah jadi yakni barang yang sudah melewati proses pengolahan tetapi belum bisa dimanfaatkan sepenuhnya karena masih perlu proses penyempurnaan untuk kemudian dapat dimanfaatkan.contoh barang setengah jadi adalah benang yang selanjutnya diolah menjadi kain, ataupun kain yang selanjutnya bisa diolah menjadi pakaian yang siap digunakan.

Selain input, output didalam kegiatan produksi juga dibedakan menjadi dua macam, yaitu barang setengah jadi dan barang jadi. Barang setegah jadi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nantinya akan menjadi input kegiatan produksi lainnya sampai barang tersebut menjadi barang jadi yang siap digunakan. Sedangkan barang jadi yakni barang yag sudah siap pakai seperti kursi, selimut dan lain sebagainya.

Secara umum di dalam kegiatan produksi terdapat faktor penting yang dibutuhkan, yang antara lain adalah sumber daya alam sebagai bahan baku, sumber daya manusia sebagai pengolah, modal serta kewirausahaan.

Kedua, kegiatan distribusi. Sebagai hasil dari kegiatan produksi yakni barang jadi langkah selanjutnya adalah kegiatan pendistribusian agar bisa sampai pada konsumen yang membutuhkan. Apabila distribusi tidak berjalan dengan baik maka dampak yang akan ditimbulkan adalah kerugian atas produsen sebagai penghasil produk. Misalnya saja produsen kursi yang harus melakukan distribusi, dan apabila tidak terlaksana dan kursi tidak terjual makan akan menghambat perputaran modal yang pada jangka panjangnya kursi ini akan rusak dan produsen akan merugi. Kegiatan distribusi ini sangat dibutuhkan untuk tercapainya kesesuaian antara ketersediaan barang yang ada dengan kebutuhan konsumen. Adapun sebutan bagi pelaku distribusi ini adalah distributor.

Terakhir, kegiatan konsumsi. Kegiatan konsumsi diartikan sebagai aktifitas untuk menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau yang merupakan sebutan bagi pelaku kegiatan konsumsi ini. contoh kegiatan konsumsi ini adalah penggunaan beras yang sudah dioalah menjadi nasi yang kemudian di konsumsi untuk memenhui kebutuhan pangan konsumen. Contoh lain adalah penggunaan listrik dan alat-alat kosmetik.

Demikian tadi kegiatan ekonomi yang berlaku dalam aktifitas sehari hari. Pada dasarnya ketiga kegiatan ekonomi ini merupakan aktifitas satu kesatuan yang tidak terpisahkan untuk menjamin kelancaran proses perekonomian di suatu wilayah tertentu. Apabila salah satu dari ketiga ini mengalami kendala maka akan berngearuh pula pada kegiatan ekonomi yang lain yang selanjutnya dapat menyebabkan kerugian baik pada sisi produsen, distributor maupun konsumen.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang anda tulis, bukan merupakan tanggung jawab kami.

Arsip Blog