Pembagian Ilmu Ekonomi; Deskriptif, Teori dan Terapan

Pembagian ilmu ekonomi - Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya ilmu ekonomi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari segala perilaku manusia dalam rangka mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas  guna memenuhi kebutuhan hidup manusia yan tidak terbatas. Menurut Alfred W Stonier ilmu ekonomi terbagi menjadi tiga kelompok besar antara lain ilmu ekonomi deskriptif, ilmu ekonomi teori dan ilmu ekonomi terapan.


Ilmu ekonomi deskriptif

Ilmu ekonomi deskriptif adalah ilmu ekonomi yang mendiskripsikan berbagai fenomena dan kenyataan penting yang berhubungan dengan persoalan ekonomi. Dengan kata lain ilmu ekonomi deskriptif ini adalah bentuk analisa mengenai suatu bidang ekonomi seseuai dengan fakta dan realitas yang terjadi dilapangan. Contoh ilmu ekonomi ini antara lain asal-usul ilmu ekonomi dan kasus krisis moneter yang terjadi  di Indonesia tahun 1998 lalu yang mana di dalam kasus ini diperlukan analisa dan fakta-fakta yang mendukung untuk menjelaskan persolan yang terjadi pada waktu tersebut.

Ilmu ekonomi teori

Kedua, ilmu ekonomi teori yaitu ilmu ekonomi yang memberikan penjelasan tentang cara suatu perekonomian dapat bekerja beserta sifat dan hubungannya yang dapat pula menggambarkan kondisi yang kemungkinan akan terjadi di masa depan.
  • Ilmu ekonomi teori ini dibagi menjadi dua macam yakni ekonomi makro dan ekonomi mikro.
  1. Ekonomi makro merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari perekonomian secara menyeluruh yang mencakup perekonomian suatu negara atau dengan kata lain mencakup nasional dan bersifat global.
  2. Sedangkan ekonomi mikro hanya membahas ruang lingkup kecilnya saja atau secara khusus didalam suatu peekonomian.


Ilmu ekonomi terapan

Dan terakhir, ilmu ekonomi terapan merupakan penerapan atas teori-teori ekonomi didalam kehidupan masyarakat dan dilakukan secara nyata. Ilmu ekonomi terapan ini termasuk ilmu ekonomi yang menggunakan simpulan-simpulan yang didapatkan dari teori ekonomi untuk kemudian dijadikan dasar di dalam menjelaskan permasalahan atau fenomina yang terdapat dalam ekonomi deskriptif. Sedangkan contoh ilmu ekonomi terapan ini yaitu ekonomi perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan dan lain sebagainya.

Demikian itu tadi penjabaran mengenai Pembagian Ilmu Ekonomi yang memiliki ciri pembahasannya masing-masing. Di dalam aktifitas perekonomian tiga bidang ilmu ekonomi ini terjadi saling beriringan dan saling melengkapi yang pada dasarnya berguna untuk menjawab persoalan-persoalan ekonomi yang ada dan selanjutnya berperan penting dalam berkembangkannya ekonomi itu sendiri.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang anda tulis, bukan merupakan tanggung jawab kami.

Arsip Blog