Pengertian Kesempatan Kerja, Angkatan Kerja, Tenaga Kerja serta Pengangguran

Pengertian Kesempatan Kerja, Angkatan Kerja, Tenaga Kerja serta Pengangguran | Kesempatan kerja, angkatan kerja, tenaga kerja serta Pengangguran merupakan empat elemen dalam kegiatan ekonomi yang tidak terpisahkan. Hal ini dikarenakan disetiap daerah manapun keempat hal ini akan selalu ada dan saling melengkapai. Ketika kesempatan kerja tinggi maka akan berdampak pada semakin banyaknya angkatan kerja dan tenaga kerja yang ada semantara pengangguran semakin sedikit. Begitu pula sebaliknya semakin rendah kesempatan kerja maka menyebabkan angkatan kerja dan tenaga kerja rendah yang pada akhirnya tingkat pengangguran menjadi tinggi. Itulah sebabnya keempat hal ini saling terkait satu sama lainnya.


Pengertian Kesempatan Kerja

Kesempatan kerja merupakan keadaan dimana tersedianya lapangan kerja di suatu daerah tertentu untuk menampung orang-orang yang membutuhkan pekerjaan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kesempatan kerja itu sendiri, antara lain:

  1. Pertumbuhan penduduk - Angka pertumbuhan penduduk akan mempengaruhi kesempatan kerja di suatu daerah. Semakin tiggi angka pertumbuhan penduduk maka berakibat semakin sempitnya kesempatan kerja di daerah tersebut. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah angka pertumbuhan penduduk maka akan semakin tinggi kesempatan kerja di wilayah tersebut. 
  2. Tingkat upah atau gaji - Kenaikan tingkat upah yang tinggi akan mengakibatkan manjamen berpikir dua kali untuk menmbah karyawannya atau bahkan akan berpikir untuk mengurangi karyawannya yang ada saat ini.
  3. Kondisi perekonomian di daerah - Di dalam suatu daerah kondisi perekonomian yang tinggi dapat mengindikasi tingginya pula produksi yang dilakukan. Tingginya produksi ini akan berdampak semakin banyaknya kesempatan kerja yang tersedia karena kebutuhan karyawan yang tinggi. 
  4. Kualitas produktifitas sumber daya manusia - Kualitas sumber daya manusia yang tinggi akan mendorong tingginya pula kesempatan kerja id suatu daerah. Begitu pula sebaiknya, semakin rendah kualitas sumber daya manusia maka berdampak semakin sedikitnya kesempatan kerja yang ada.
Di dalam parkateknya kesempatan kerja juga dikelompokkan menjadi menjadi beberapa macam yang antara lain jika dilihat berdasarkan jenis pekerjaannya, kesempatan kerja dibedakan sebagai berikut:

  • Tenaga ahli 
  • Teknisi 
  • Tenaga terkait 
  • Tenaga produksi 
  • Pemimpin 
  • Manajer senior
Sedangkan jika dilihat berdasarkan sektr lapangan usaha, kesempatan kerja dikelompokkan antara lain:

  1. Sektor A, yakni kesempatan kerja dalam bidang perburuhan, perhutanan, pertanian dan perikanan. 
  2. Sektor B, yakni kesempatan kerja dalam bidang manufaktur, pembangunan listrik dan air, serta perhubungan dan gas. 
  3. Sektor C, yakni kesempatan kerja dalam bidang penginapan, rumah makasn serta asuransi
Pengertian angkatan kerja

Angkatan kerja dapat diartikan sebagai penduduk yang berada pada usia produktif yaitu 15-64 tahun yang sudah bekerja maupun masih dalam proses mencari pekerjaan. Angkatan kerja dibedakan menjadi dua golongan besar, yaitu:

  1. Golongan bekerja yang diartikan sebagai angkatan kerja yang sudah memiliki suatu pekerjaan tertentu, sedangkan 
  2. Golongan pengangguran diartikan sebagai  angkatan kerja yang sudah siap kerja dan ingin bekerja tetapi belum mendapatkan pekerjaan.
Pengertian tenaga kerja

Tenaga kerja adalah seseorang yang sudah mampu melakukan pekerjaan untuk menghasilkan barang ataupun jasa untuk kebutuhan sendiri maupun masyarakat secara umum. Tenaga kerja ini berdasarkan kualitasnya dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

  1. Tenaga kerja terdidik - Tenaga kerja terdidik yaitu seorang tenaga kerja yang memiliki kemampuan atau keahlian tertentu dikarenakan telah mengikuti pendidikan formal maupun nonformal. 
  2. Tenaga kerja terlatih - Tenaga kerja terlatih adalah seorang tenaga kerja yang memiliki kemampuan atau keahlian tertentu dikarenakan berlatih secara terus menerus dan berulang-berulang sehingga mampu menguasai jenis pekerjaan tertentu. 
  3. Tenaga kerja tidak terdidik dan terlatih - Tenaga kerja tidak terdidik dan terlatih adalah tenaga kerja yang dalam pekerjaanya hanya mengandalakan pada kakuatan yang dimilikinya saja. Contohnya seperti kuli bangunan, pembantu rumah tangga dan buruh angkut.
Pengertian pengangguran

Pengangguran merupakan angkatan kerja yang tidak bekerja atauapun masih dalam proses mencarai pekerjaan. Ada beberapa jenis pengangguran, antara lain:

  1. Pengangguran siklis, yaitu pengangguran yang disebabkan akibat merosotnya perekonomian suatu negara. 
  2. Pengangguran structural, yaitu pengangguran yang disebabkan oleh ketidaksesuaian jenis pekerjaan yang ditawarkan dengan yang diminta.
  3. Pengangguran musiman, yaitu pengangguran yang disebabkan oleh pergantian musim dan biasanya terjadi pada bidang pertanian. 
  4. Pengangguran teknologi, yaitu pengangguran yang disebabkan oleh modernisasi di dalam proses produksi. 
  5. Pengangguran friksional, yaitu pengangguran yang disebabkan oleh pergeseran antara permintaan dan penawaran tenga kerja. 
  6. Terakhir pengangguran terbuka, yaitu pengangguran yang disebabkan karena kesempatan kerja lebih sedikit dibandingkan angkatan kerja yang ada.
Demikian itu tadi Pengertian Kesempatan Kerja, Angkatan Kerja, Tenaga Kerja serta Pengangguran.  Dalam kegiatan perekonomian sehari-hari di wilayah tertentu keempat hal ini akan selau ada dan saling terkait. Yang selanjutnya bisa diatur sedemikian rupa untuk mencapai keseimbangan yang berdampak pada kemajuan perekonomian diwilayah tersebut.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Setiap komentar yang anda tulis, bukan merupakan tanggung jawab kami.

Arsip Blog